Lagu Jazz

Kamis, 10 Januari 2013

Halo teman-teman ? Salam musik. Tidak terasa nih sudah postingan yang ke-sebelas. Hari ini Saya benar-benar bingung nih. Soalnya sekarang Saya akan membahas salah satu jenis yang tidak Saya sukai yaitu Lagu Jazz. Kenapa ?. Karena musik jazz membuat Saya mengantuk. Maaf ya bagi pecinta jazz, kita tentu saja memiliki hal yang tidak kita sukai. Selera orang khan beda-beda. Sebaiknya kita cari tahu dulu sebelum kita menilainya, check it out.

Jazz adalah genre lagu yang berasal dari penggabungan beberapa genre musik. Yaitu musik eropa, ragtime dan blues. Berasal dari Amerika serikat dan merupakan hasil dari proses akulturasi musik Eropa dan Afrika. Alat musik yang digunakan biasanya gitar instrument, terompet, saksofon, piano dan yang paling penting ialah sinkopasi. dan saat sekarang ini sudah banyak yang menggunakan gitar bas. Tunggu, anda mau bertanya apa itu "sinkopasi"?. Salah orang, cari paman gugel aja ya ! he he.


Setelah Saya berselancar kesana-kemari, Saya mendapatkan kata-kata menarik dari legendanya lagu jazz yaitu Louis Amstrong. Ini dia : Musisi jazz biasanya mengekspresikan perasaannya yang tak mudah dijelaskan, karena musik ini harus dirasakan dalam hati. “Kalau kau menanyakannya, kau tak akan pernah tahu” begitu menurut Louis Armstrong. Saya setuju dengan Pak louis amstrong, kenapa?. Karena menurut pengalaman Saya selama ini memang lagu ini biasanya ada pada film-film drama. Dan orang-orang akan terbawa suasana sedih ketika mendengarkan lagu ini. wkwkwkwkw, galau nih ye !.

Saya akan memperkenalkan musisi-musisi jazz yang baru Saya kenal tadi nih, ini dia :

Jamie Cullum

Jamie Cullum adalah orang Inggris. Dia lahir pada tahun 20 agustus 1979, beda sebelah tahun dengan Saya. Siapa yang peduli. he he he. Saya panggil bang aja ya !. Jadi bang Jamie ini merupakan seorang penyanyi bergenre Jazz-Pop sekaligus pencipta lagu, karena Ia bisa memainkan beberapa instrumen musik yaitu drum dan gitar. Sekarang, sejak 2010 Ia selalu tampil hari selasa di BBC radio 2, jam tujuh malam. Jangan salah waktunya ya !. Inggris dan Indonesia beda 7 jam kalo teman-teman saat ini di daerah WIB. Album lagu jazz yang terkenalnya berjudul "Pointless Nostalgic".




Monday Michiru

Orang Jepangkah ? bukan, mbak Monday ini merupakan penyanyi Amerika-Jepang. Seperti bang Jamie tadi, Dia adalah seorang penulis sekaligus penyanyi. Musik jazznya beragam. Campuran dari berapa genre, seperti pop, dance, soul dan tentunya jazz. Pada tahun 1990 Ia pindah ke Jepang dan memulai karirnya disana. Setahun seteahnya pindah Ia mengeluarkan debut album lagu jazz pertamanya yang berjudul "mangetsu". Sejak saat itu Ia terus berkarir hingga saat ini telah mencapai 12 album. WOW sughoi ne !! (sebutan luar biasa di Jepang).

Penasaran dengan lagu-lagu mereka ?

Twenty Something - Jamie Cullum
Hear between the silence - Monday Michiru


Semoga postingan Saya kali ini bermanfaat bagi teman-teman yang termasuk baru dalam dunia Lagu Jazz. Kalau untuk para musisi jazz atau para jazzholic maaf jika ada salah kata. Sampai jumpa dan salam musik.

Artikel sebelumnya : Lagu-Lgu Keroncong.

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada link rusak, silahkan komentari